Labels

Wednesday 14 June 2017

Biografi Syech Abdurrahim Naboulsi - Maroko

 Magribil Aqsha atau Maroko adalah sebuah kerajaan kecil yang terletak di daerah Afrika bagian utara. Kerajaan ini sampai sekarang di pimpin oleh dinasti Alawiyyin. Dari namanya, kita bisa tahu bahwa dinasti ini merupakan keturunan yang sambung langsung ke Rasulullah SAW melalui Sayyid Hasan RA. Raja sekarang bernama Muhammad VI Alhasani. Beda maroko beda yaman, bila anda pergi ke yaman akan menjadi sangat mudah mengenali keturunan Rasulullah SAW dengan tambahan nama “ Habib / Sayyid “ didepannya. Tapi ,bila  anda di maroko akan sangat sulit untuk mengetahui bahwa orang tersebut syarif/ syarifah. Kenapa ?? hal tersebut tidak lain karena mereka lebih mengikuti jadd-nya Sayyidina Hasan RA yang lebih mengasingkan diri dari politik dan memilih hidup melebur dalam masyarakat .

Hal ini juga membuat penulis seringkali menemukan para ulama maroko sekarang ternyata nasab dan sanadnya bersambung kepada Rasulullah SAW. Jasadiyyan wa ruhiyyan (lahir batin). Dan banyak sekali ulama Indonesia yang berguru dan mendapatkan sanad dari ualama-ulama maroko ini. Sebagai contoh Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani Rahimahullah adalah salah satu ulama Mekkah keturunan asli Maroko. Kakeknya beliau , Sayyid Abbas merupakan ulama yang hijrah dari maroko ke mekkah. Madzhab beliau masih memakai madzhab Maliki walaupun beliau seringkali berfatwa dan mengajarkan kitab-kitab Syafii kepada santri Indonesia. Belum lagi keluarga Hadits Al-Ghumari ( Syech Bin Shiddiq Alghumari ), Al-Kattani ( Syech Abdurrahman Al-Kattani) dll.

Dari segi Madzhab , Maroko berbeda dengan Indonesia. Masyarakat Maroko merupakan penganut Madzhab Maliki dan Qiroat Warsy dari Imam Nafi’ dengan thariq Azraq. Sangat berbeda dengan kita yang di Indonesia penganut Madzhab Syafii dan Qiroaat Hafs dari Imam ‘Ashim dengan Thariq Abu Muhammad Ubaid bin As-shabah.

Satu diantara ulama yang terkenal dalam bidang Qiraat dari maroko sekarang adalah Syech Abdurrahim Naboulsi. Beliau merupakan Ahli Qiroaat modern yang berasal dari kota Marrakech. Rutinitas beliau adalah mengajar di Karasi Ilmiyah Imam Syatibi di Masjid Sunnah-Rabat setiap hari Rabu. Oh ya, beda Masyriq ( sebutan untuk daerah Mesir ke timur ) beda pula Magrib ( sebutan untuk daerah Tunisia ke barat ) . Kalau pengajian kitab di Masyriq biasa disebut dengan Halaqah maka di Magrib disebut dengan Karasi Ilmiyah. Beda istilah tapi esensi-nya tetap sama, pengajian kitab.

Karasi Ilmiyah ini ada banyak digelar di berbagai masjid pusat kota. Sebagai contoh Masjid Sunnah- Rabat ini menggelar berbagai Karasi Ilmiyah mulai kitab Syatibiah, Qawaid Zaaqqaq ( Qawaid fiqh Maliki), Al-Muwatta ( Fiqh Maliki ) ,Alfiyyah Ibnu Malik dan  Tafsir Al-Qur’an . pengajarnya dari berbagai Masyayikh dari luar kota. Seperti Syekh Mouhammad Arrougi, Syekh Said Kamali, Syekh Mustafa Bahyawi dan Syekh Abdourrahim Naboulsi. Dan pada kesempatan yang berbahagia ini, penulis ingin menceritakan tentang biografi Syech Abdourrahim Naboulsi.

Syech Abdurrahim Naboulsi lahir di kota Merah Marrakech pada tahun 1965 M. Sebuah kota yang terletak 300Km dari Ibukota Rabat. Kota ini terkenal sebagai kota yang telah melahirkan banyak ulama yang telah mendunia. Salah satunya adalah Syekh Sulaiman Al-Jazuli pengarang Dalail Khairat dan Qadhi Iyyadh pengarang kitab Assyifa’.

Satu hal yang mendarah daging dalam budaya arab zaman dahulu adalah mengirimkan anak-anak mereka sejak balita ke badiyah ( pedesaan ) dengan tujuan supaya bahasa arabnya fasih . Hal tersebut juga dilaksanakan oleh Ayahanda – Abdurrahim- untuk mengirimkan anaknya kesana. Tepatnya ketika Abdurrahim berumur dua tahun dikirimkan ke Ma’had Atiqahnya kakek di daerah Oulad Hassan- Marrakech Timur. Disini beliau dibimbing oleh Syach Kabbour sampai pada umur ke enam.
Kemudian ketika sudah berumur 6 tahun Abdurrahim kecil kembali ke pangkuan orang tuanya untuk menghafal Al-Quran. Dan pada umur itu juga, beliau dengan cepat menghafalkan seluruh Al-Quran didepan ayahanda beliau Syekh Abdussalam Naboulsi.

Lalu berlanjut pemgembaraan keilmuannya -masih diwilayah Marakech- kepada Al-Allamah Syekh Mustafa Bahyawi. Penulis menyebut Al-Allamah disini bukan tanpa sebab, akan tetapi beliau-lah sekarang ulama maroko yang sangat sepuh dan sangat dihormati di maroko. dihormati dengan berbagai karya dalam berbagai fan ilmu, mulai Tafsir, Tasawuf,Ushul fiqh, Fiqh maliki, Qiroah sab’ah , Hadits , Nahwu , Sharaf dan lain-lain.  Beliau juga mengajar di Masjid Sunnah- Rabat kajian Tafsir Quran dengan kitab tafsir yang beliau karang sendiri, dahulunya beliau juga pernah mengajar Hikam Ibn Athaillah Assakandary . dari Syech Mustafa Bahyawi inilah Abdurrahim kecil mengambil sanad riwayat Imam Wars dan Hafs.

Selain mengambil sanad riwayat imam wars dan Hafs dalam waktu muda, beliau juga khatam didepan beliau seperti kitab Ushul Syatibiah, Alfiyah Ibn Malik , Hadits Shahihain ( Shahih Bukhari dan Muslim ) , Nukhbatul fikar ( Musthalah Hadits ), Akidah Thahawiyah , Akidah Wasatiyyah , kitab Aqilah Atrab Lqasaid , Nadhimatuz Zuhr, Nouniyyah Assakhawiy dan Ghoitsun Nafi’ karya imam Shofaqsi.

Pengembaraan keilmuannya tidak berhenti di kota Marrakech saja, tetapi beliau juga pergi ke kota-kota Maroko seperti  Meknes dan Fez. Kota fez merupakan ibukota keilmuan maroko. disinilah terletak universitas tertua di dunia, Universitas Al-Qarawiyyin. Suatu universitas yang berdiri sejak tahun 859 M oleh Fatimah Al-Fihriyyah. Universitas ini telah menelorkan berbagai ilmuan muslim terkemuka seperti Ibnu Khaldun, Ibnu Rusyd, Ibnu Thufail, Syekh Shanhaji , Makudi , Ibnu Hamdun dll.

Selain di maroko , beliau juga mengembara mulai Al- Azhar Mesir sampai ke kota suci Mekkah al-Mukarramah dan Madinah al-Munawarah. Disini beliau menimba ilmu dari berbagai ulama dan ilmuwan muslim. Dan dibawah ini penulis merangkum beberapa guru beliau beserta ilmu yang didapat darinya.

1.       Syech Abu Ubaidah : Shahih Bukhari, Tafsir Quran dan Tajwid riwayat Imam Hafs Thariq Taiba,
2.       Syech Bin Allal : Nahwu
3.       Syech Najih : Ilmu Balaghah
4.       Syech Abdurrazaq dan Syech Raghib : Ilmu Astronomi,
5.       Syech Shalhi : Fiqh , Faraidh
6.       Syech Ahmad mallah : Ushul Fiqh
7.       Syech Bazi dan Syech Idrisi : Hadits dan Ilmunya
8.       Syech Abdussalam Misyawi : Balaghah
9.       Syech Dr. Ahmad Bazzar dan Ahmad Baghdadi : Nahwu A
10.   Syech Wafi Mehdi : Ushul Fiqh, Fiqh Sirah, Fiqh Perbandingan Madzhab
11.   Syech Albaik : Fiqh Lughah
12.   Syech Dr. Alhasan Oujjaj : Ilmu Qiraat Asyrah
13.   Dr. Abdul Ali Aloudghiri : Ilmu Mu’jam
14.   Syech Dr. Ahmad Alawi : Kitab2 Nahwu Imam Sibawaih
15.   Dr. Muhammad Ibrahim Albanna, Syech Dr. Sulaiman bin Ibrahim Al aid, Dr. Amjad Trablusi , Syech Nasiruddin albani , Syech Ahmad Syarqawi Iqbal : Nahwu dan Sharaf
16.   Syech Allal Al’Asyrawi : Ilmu Qiraat Asyrah
17.   Syech Albanna, Syech Alhilali Almaknasi , Syech Makki binkiran Al-Fasi : Ilmu Qiraat Sab’a
18.   Syech Abdul Ghaffar Ad-daroubi( Mekkah, khatam syatibiah dan mendapatkan qiroah asyrah ) , Syech Abdul Fattah Ajami Al-Misshofi ( Mekkah ),
19.    Syech Abdul Aziz Az-Ziyat ( Madinah, beberapa kali khatam didepan beliau dan mendapatkan sanad asyarah ) ,
20.    Musnid Kabiir Bakri At-Trabulsi ( mendapatkan sanad qiroah asyrah ) ,
21.   Syech Malik As-Sanusi ( mendpatkan beberapa sanad, hadits musalsal, tafsir, siroh nabawi ) dan lain-lain.

Sebagai seorang ulama , karya ilmiah adalah suatu keharusan. Keharusan dalam artian hal tersebut nantilah yang akan menjadi oleh-oleh para santrinya dirumah. Oleh-oleh yang abadi tidak terkekang oleh zaman. Begitu juga Syekh Abdurrahim Nabulsi ini telah menuliskan banyak karya diberbagai bidang. Khususnya, bidang Ilmu Qiraat dan Nahwu Sharaf.

Secara umum, kitab karangan beliau terbagi menjadi dua. Yang pertama, yaitu karya kitab yang berisikan kajian ulang manuskrip ( Tahqiq Makhtutath ) dan yang kedua adalah karya yang berbentuk nadzaman. Berikut kami sertakan karya-karya beliau yang bisa anda dapatkan di toko kitab Maroko :

Tahqiq Makhtutath

1.      تحقيق: كتاب فرائد المعاني في شرح حرز الأماني لابن آجروم الصنهاجي.
2.      تحقيق: كتاب القول الفصل في اختلاف السبعة في الوقف والوصل لأبي زيد عبد الرحمن القاضي المكناسي.
3.      تحقيق: كتاب النكت النحوية للسيوطي .
4.      تحقيق: نظم البارع في قراءة نافع لابن آجروم.
5.      تحقيق: نظم ألفات الوصل له.
6.      تحقيق: نظم الاستدراك على هداية المرتاب لابن آجروم .
7.      تحقيق: كتاب نثر المرجان للاركاتي.
8.      تحقيق: كتاب غيث النفع للصفاقسي.
9.      تحقيق: كتاب التيسير لأبي عمرو.
10.   تحقيق: كتاب الكامل في القراءات الخمسين للهذلي

Karangan berbentuk Syarah kitab
1.      أوجه التعليل لمرسوم التنزيل.
2.      سلسلة نظرية الاحتمال في مرسوم الإمام.
3.      العلل البينة في وجه حذف الألف اللينة.
4.      نظرات في محذوف الألفات / بيان ما انحذف حشواً من الألفات.
5.      التصور القرائي في كتاب سيبويه / سياق شاذ القراءة وما إليه من مآخذ كتاب سيبويه.
6.      الضرائر الشعرية وصلتها بالواقع اللغوي.
7.      مصطلح الوقف في بنية الكلمة.
8.      دراسة مقارنة بين التصور اللهجي القديم وآثاره على ألسنة المُحدثين في الجزيرة العربية.
9.      حرف أبي عمرو من رواية سيبويه.

Karya karangan berbentuk Nadzham dan Matn
10.   الفريدة في آداب جمع القراءات المجيدة.
11.   الأفنونة في القراءات العشر بطريق الإفراد.
12.   الفنن الأورق في تحرير خلف ورش من طريق الأزرق.
13.   الأوجه المقدمة في الأداء حين الجمع للعشرة القراء.
14.   النظم الأمجد في ما هية أبجد.
15.   نظم في حذف ألف بسم الله وطول بائه.
16.   نظم في مثلث قطرب.
17.   النظيم الماتع في الأوجه المقدمة للسبعة عند المفرد والجامع.
18.   سلسلة نظم النكت النحوية والصرفية.

Akhir kata, bila anda ingin mendalami dan mengkaji ilmu qiraat kami mengajak pembaca sekalian untuk berkunjung ke masjid Sunnah- Rabat Maroko . bebas visa 90 hari alias tinggal membeli tiket dan berangkat ke maroko. Salam dari Casablanca.

Fakih Abdul Azis
Alumni Madrasah Qudsiyyah 2012













Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment