Labels

Monday 16 June 2014

Biografi Syech Said Kamali




Siapa yang belum tahu nama syech satu ini, syech yang dengan senyuman khas mudanya yang bersinar penuh energik ini selalu mendamba dihati.  Mendamba dihati karena bisa tenang dengan melihat wajah aura beliau yang terang benderang bak cahaya bulan purnama. Belum lagi ketika beliau menyebutkan sanad hadits beserta rijal rowinya lengkap beserta sejarah tiap rowinya,lengkap sudah rasanya kagum kita kepada sosok beliau. Karena pengajian beliau di Masjid Sunnah Rabat , merupakan pengajian yang paling banyak muridnya daripada hari lain ,tentu saja dalam hal ini dari segi kuantitas.

Saya sendiri tidak bisa memungkiri dan memang kalau saya menghadiri pengajian Al Muwatho’ yang diajar beliau, semuanya pada nyimak,nyatat, mulai dari tua muda semuanya tumplek-blek dalam satu majlis Malam Sabtu. Ratusan manusia dari segala penjuru terkhusus Ibukota Rabat semuanya tidak ingin meninggalkan momen ini. Mereka datang sore-sore, bahkan ada yang datang sebelum magrib sekitar satu jam demi mendapatkan tempat terdepan di depan syaikh Said Kamali. Mereka rela beriktikaf berlama-lama demi mendengarkan keterangan syarah kitab Fonumenal dan terkenal sakral dikalangan madzhab Maliki. Apa itu? Tentu saja, Almuwatho’ Lil Imam Malik.

Mungkin bisa dibilang kitab Al-Muwatho’ Imam Malik ini mempunyai daya tersendiri bagi Masyarakat Maroko yang notabene juga bermadzhab Maliki, tapi tak kurang juga keterangan dan syarah beliau yang sangat mendalam dan mendetail dalam menjelaskan sebuah hadits yang dimulai siapa nama shohabat ini?, kapan shohabat ini lahir?, kapan meninggal?, terus berlanjut ke Tabi’in , apa karangannya?apakah dia bisa dipercaya ? juga merupakan daya tarik  untuk selalu dan tetap menghadiri pengajian beliau.

Langsung saja , Nama beliau sejak kecil adalah Said Bin Muhammad Alkamali.  Beliau lahir di Rabat pada tahun 1392H / 1972M. Beliau lulusan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah di Daerah Dar-es Salam , dan Moulay Yousouf Rabat. Kemudian beliau meneruskan kuliah ke Tanger dengan jurusan “تسيير وإدارة المقاولات السياحية” di Universitas Internasional Tourism sampai mendapatkan Ijazah Master.  Belum lagi rasa hausnya akan ilmu , beliau meneruskan master lagi di Universitas Muhammad 5 dalam Jurusan “Studie Islamique” , Rabat dan berhasil dengan Predikat Mumtaz dan Thesis beliau yang berjudul “الأحكام الشرعية في الأسفار الجوية” Di Bukukan dan dicetak. Dan sekarang beliau tahap Doktorah Nasional.

Allah menganugerahi beliau dengan hafal Alqur’an sejak kecilnya. Bahkan , sejak umur 6 tahun beliau tiap pekan sering ke Marakesh ( kota wisata di Maroko ,yang berjarak sekitar 5 jam an dari Rabat pakai Kereta Api)  hanya untuk mengaji kepada Muqri’ul Magrib Syech Abdur rahim Naboulsi sampai beliau di Ijazahi Qiroat Asyroh. Memang bukan hal mudah dalam ber-istiqomah, tapi inilah kenyataannya, beliau menjadi terkenal dan sangat di kagumi di Negeri seribu benteng ini. Beliau juga banyak hafal Matan baik itu matan Nahwu, Shorof , Balaghoh , Fiqh, Hadits, Qiroat, Manthiq dan Sastra Arab. Di waktu muda beliau sering dihabiskan untuk mengaji Syech-syech Magribil Arabi . sebagai misal Dr. Farouq Hamadah, Dr. Rougi (Rektor Universitas Qarawiyyin) dan Syaikh Adiib Syair Annajar Chafahulloh . tak ketinggalan juga beliau juga banyak menimba ilmu kepada beliau Syech Muhammad Amin Bukhubzah ,Syech Ahmad Bin shiddiq Alghumari hatta di ijazahi Kutubus sittah ( kitab Hadits setelah Bukhori-Muslim yang mu’tamad).
Termasuk bagian tanah Magribil Arabi ,beliau juga melakukan rihlah Ilmiah ke negara tetangga, Mauritania.

Disana beliau menimba ilmu ,seakan –akan beliau merasa apa yang dicari di Maroko itu kurang dan semakin dahaga saja ketika beliau semakin mendalam. Beliau di sana bertemu dengan Syech Salim Oulad Abdul Wadud,  Syech Ahmad Oulad Almurabith. Di sana juga beliau menimba ilmu kepada Syech Muhammad Hasan Addudu sampai beliau mendapat sanad Almuwatho’ dari riwayat Yahya bin Yahya Allaitsi dan Abi Must’ab Azzuhri, Kutubus sittah , Alfiyah Iraqi, Nadhmul Fasih Libn Lmourahil, dan banyak lagi beliau mendapatkan sanad-sanad kitab dan sebagian Hadits yang termasuk Hadits Musalsal dan lain-lainnya.

Beliau juga banyak menimba ilmu di Mesir, terutama di masjid Al-azhar dan mengaji kepada banyak syech disana. Kemudian berlanjut ke tanah Hijaz , Makkah dan Madinah dan disana beliau bertemu dengan banyak ulama sekaligus mengaji ke mereka. Diantaranya Syech Atiyyah Bin Salim, Syech Abdus salim Alibad, syech Muhammad bin Muhammad Assinqithi, dan yang terakhir beliau mengjai kepada Syech Muhammad Bin Sholih Bin Utsaimin chafidhohulloh.

Beliau juga satu diantara Dosen di Universitas Muhammad 5 Rabat , Maroko. Beliau mengajar di Jurusan “ Studie Islamiques” di bidang Fiqh, Hadits, Sastra Arab, Mawaris, Nahwu dan Ushul Fiqh.

Comments
2 Comments

2 comments :

Fadhlurrahman Armi said...

Subhanallah, ustad Fakih.... Jazakumullah.. rasanya sangat temotivasi lagi setelah membaca tulisan anda agar lebih istiqamah lagi dalam menuntut ilmu karena Allah semata..

faqih666 said...

aamiin..doannya saja mas armi.. semoga kita semua istiqomah

Post a Comment