Labels

Thursday 25 April 2013

من من من من من من من المنان



من من من من من من من المنان
Bisa baca gak?hehe
            Dalam memancing kesemangatan para pelajar nahwu pemula  biasanya di cekcoki kalimat ini. Kalimat yang sangat-sangat aneh. Bahkan bisa dibilang tidak ada arti dan maksud tersendiri. Disini,penulis setidaknya mengasih suatu kalimat ini bukanlah tanpa maksud,tapi memang ada tujuan tersendiri,hehe. Yaitu ngeshare ilmu.

bila kita baca dengan kaidah ngawuriyyah bisa dibaca man man man,artinya siapa siapa (apa maksudnya yah?).  Tapi jika dipakai dengan kaidah nahwu seperti yang diutarakan guru saya mengatakan bisa dibaca begini
Man                              :utawi sapane wong(ism maushul)
Manna                          :iku lamon ngewehi sopo wong(fi’il madhi mabni ma3lum)
Min Mannin                 :bayane sangking pawewehan(Min lilbayan,masdar)
Munna                         :mongko diwewehi sopo wong mau(jawabe man syartiyyah)
Min Mannil Mannan     :sangkeng dzat kang ngawewehine sekabehane pawewehan(tarkib idhofi)

Jadi bisa dibaca ,man manna min mannin munna min mannil mannan. Yang artinya dalam bahasa Indonesia kira-kira begini, barang siapa yang mengasihkan suatu barang,maka akan dibalas oleh dzat yang Maha pengasih. Allahu akbar !

Didalam artian kalimah ini kita menemukan bahwa orang yang mengasihkan atau bisa dibilang menyodaqohkan barang maka di balas oleh-Nya. Berbicara mengenai pembalasan ,setidaknya banyak hadits yang meriwayatkan tentang ini. Ada yang di bilang di balas sampai 10x ,100x bahkan 700x dibulan Romadhon. Bahkan yang lebih super adalah jika kita melakukan ibadah dalam malam lailatul qodar, Allah SWT bersabda dalam firmannya :

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ ﴿١﴾ وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ ﴿٢﴾ لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ ﴿٣﴾ تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ﴿٤﴾ سَلَٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ ٱلْفَجْرِ ﴿٥

1). Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan
2). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3). Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan
4). Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan
5). Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar

Sungguh besar pahala yang diberikan oleh Allah Swt kepada kita. Padahal kalau kita melihat sekeliling kita,belumlah kta menemui pembalasan dari sesame manusia sebesar ini. Yaitu sebesar 1000 tahun. Sebagai missal jika kita melakukan satu amal saja dihari itu kita akan mendapatkan besaran pembalasan 1000 tahun mengamalkan amal tersebut tanpa henti . Allahu akbar !

Maka dari itu ,ada singkronnya ketika penulis menginginkan supaya termasuk dari bagian orang yang mendapat balasan itu dengan mencamtumkan kalimah ini di judul blog. Baik pembalasan sedikit ataupun banyak semua berarti bagi penulis sekarang ini.
Semoga saja blog saya bermanfaat walaupun sedikit saja. Dan mungkin bila ditemukan kesalahan kata bisa dikomentari dengan halus dengan nada rendah. Hehe

Posting mengandung prmosi,silahkan ditanggapi.
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment