Labels

Saturday 7 January 2017

Partai Politik di Maroko

Maroko adalah sebuah kerajaan konstitusional yang dipimpin oleh Raja sebagai Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Raja Maroko merupakan kepala negara yang turun-temurun dari Dinasti Alawiyyin  yang berdiri pada abad 18 M. Dilirik dari namanya, dinasti ini merupakan salah satu keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW dari jalur Sayyidina Hasan.
Perdana menteri menjadi kepala pemerintahan yang dibentuk oleh sejumlah koalisi partai dalam parlemen, dan parlemen ini dipilih langsung oleh rakyat melalui  pemilihan umum ( zaman Soeharto,red) . Dan dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan menulis tentang beberapa pemetaan partai di maroko dan beberapa koalisi yang ada di parlemen sepanjang perjalanan kemerdekaan maroko.

1.      Aliansi Demokrasi

Terdiri dari 5 partai yang terdiri dari partai oposisi dalam waktu yang lampau, mereka adalah :

الاتحاد الاشتراكي للقوات الشعبية (USFP)
Adalah sebuah partai sosialis yang berdiri tahun 1975, sebuah partai yang memisahkan diri dari Persatuan kekuatan kerakyatan Nasional. Partai USFP ini dalam memimpin partai oposisi Maroko sudah sangat lama sekali , bahkan menjadi kekuatan politik utama pada kuartal tahun 90-an. Dan para tanggal 14 Nopember 1997 partai ini memenangkan pemilu umum dengan perolehan suara 13,9 % ( atau 57 kursi dari keseluruhan parlemen Maroko ) . maka dari itu, Raja Maroko melantik Sekjen Partai USFP Yousfi menjadi Perdana Menteri pada tanggal 5 Februari 1998.

حزب الاستقلال (PI)
Partai Nasional yang termasuk partai terlama dalam sejarah politik maroko. Partai ini merupakan buah dari gerakan kemerdekaan. Partai PI ini sudah masuk dalam pemerintahan sejak tahun 60-an, 70-an, 80-an. Kemudian masuk dalam koalisi partai oposisi yang diprakarsai USFP. Pada pemilu tanggal 14 Nopember 1997 , partai PI ini termasuk partai politik kedua terbesar di Maroko dengan perolehan suara 13,2% dari total suara ( 32 Kursi dari keseluruhan kursi parlemen ). Partai PI ini masuk dalam jajaran pemerintahan perdana menteri Abdurrahman Alyousouffi pada Februari 1998 , kemudian sejak tahun itu, kepemimpinan partai ini dikomandoi oleh Abbas Alfasi yang menggantikan Muhammad Boustah. Pada pertama kalinya partai ini dipimpin oleh Pahlawan Maroko Allal Alfasi sampai meninggalnya pada tahun 1972 M , kemudian dilanjutkan Mouhammad Boustah sampai tahun 1998 M , dan sekarang dipimpin oleh Abbas Alfasi.

Sekedar informasi, bahwa Allal Alfasi merupakan salah satu Ulama Maqshid syariah dan politisi Maroko yang dikirim untuk menghadiri Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di Bandung. Indonesia.

حزب التقدم والاشتراكية (PPS)
PPS merupakan satu diantara partai golongan kiri yang akhirnya diakui pada tanggal 23 Agustus 1974 , partai ini merupakan warisan  daripada partai Komunis Maroko yang berdiri pada tahun 1943 M . pada tahun 1946 M partai ini dipimpin oleh Ali Ya’th sampai pada saat meninggalnya beliau tahun 1997 M. Kemudian digantikan oleh Ismail Alawi (  ada perpecahan dalam tubuh partai PPS antara Ismail Alalawi dan Alkhiyari dan Attahami kemudian diputuskan yang jadi pemimpin adalah Ismail Alalawi, dan Alkhiyari akhirnya kecewa dan mendirikan partai Jubhatul Quwwa Adimoktrasia pada tahun 1997 ). Pada tahun 1995 partai PPS ini meninggalkan ideologinya dari paham Komunis, dan pada pemilu Nopember 1997 mendapatkan 9 kursi dari parlemen Maroko. Partai ini aslinya memang berpaham komunis sejak tahun 1946 kemudian berganti naman partai kebebasan dan sosialis pada 1969 M kemudian menjadi Partai kemajuan dan sosialis pada 1974 M


منظمة العمل الديمقراطي الشعبي
Partai kiri yang masih kecil ini didirikan oleh Mouhammad bin Said ait Yadr tahun 1999M. Partai ini aslinya adalah kepanjangan dari “ Gerakan 23 Maret “ ( yang berafiliasi pada Marxisme-Leninisme ). Pada pemilu 14 Nopember 1997 partai ini mendapatkan 8 % dari suara rakyat ( atau 4 kursi dari parlemen ). Ketua partai ini adalah Mouhammad bin Said . Walaupun persatuan ini masuk dalam koalisi pemerintahan Perdana menteri Yousoufi tapi sesungguhnya partai ini tidak masuk dalam pelaksana kebijakan dalam pemerintahannya. Kemudian pada pertengahan Juli 2002 M partai ini bersama 3 partai kiri lainnya bersatu yang mempunyai pandangan sama tentang Demokrasi Bebas dan Kegiatan Kiri yang merdeka , menjadi “Partai Kiri Sosialis Bersatu “

الاتحاد الوطني للقوات الشعبية
Partai kecil yang tidak mempunyai kursi di parlemen Maroko. Partai ini merupakan pecahan dari partai PI (istiqlal)  pada tahun 1959. Partai ini didirikan oleh Mehdi bin Barakah dan Abdurrahim Buoubaid dan Mouhammad Basri.

2.      Aliansi Harmoni ( Wifaq )

Kelompok ini terdiri dari berbagai partai sebagai berikut :

الحركة الشعبية
Partai lama yang telah memperoleh pengakuan secara undang-undang pada bulan Februari 1959 M. Partai ini didirikan oleh Mahjubi Ahradhan dan Abdul karim Khatib. Pada tahun 1966 M kedua pendiri partai ini berselisih dan menyebabkan keluarnya Khatib dan Ahradhan sebagai pemenang. Namun, Ketika Muktamar Istimewa  partai pada tahun 1986 M tidak mengakui mahjubi ahradhan dan melantik Mouhammad Unsur sebagai ketua partai MP ( gerakan kerakyatan ) ini.

الاتحاد الدستوري (UC)
Partai Kanan yang didirikan Oleh Perdana Menteri dulu Mouthi buoubaid bii’az dari Istana Kerajaan pada tahun 1983 M ketika ingin mencalonkan dirinya pada pemilu 1984 M. Kemudian setelah Mouthi partai kanan ini dipimpin oleh Jalal Said, kemudian Abdullatif Assemlali,dan sekarang partai ini dipimpin oleh Mouhammad Abid

الحزب الوطني الديمقراطي المغربي (PND)
Partai PND ini didirikan pada Juli 1981 oleh Mouhammad Arsalan Aljadidi pada saat terpecahnya koalisi kebebasan Nasional. Ketika Mohammad Arsalan memerintah sebagai perdana Menteri pada bulan Nopember 1981 M partainya diikuti oleh pihak Istana. Pada pemilu Nopember 1997 partai ini mendapatkan 10 kursi dari parlemen Maroko. Ketika Mouhammad Arsalan meninggal, partai ini diambil alih kepemimpinannya oleh Abdul Hamid Qadiri.
الحركة الديمقراطية الاجتماعية
Partai Kanan yang didirikan pada musim semi 1997 oleh Muhammad Arsan ketika memisahkan diri dari gerakan Rakyat Nasional ( wataniyah sya’biyah ) yang kala itu dipimpin oleh Almahjubi Ahradhan , dan pada pemilu Nopember 1997 partai ini mendapatkan 32 Kursi dari total kursi yang ada di parlemen maroko.

3.      Aliansi Partai Islam

Ada tiga partai islam yang terakui secara undang-undang kerajaan Maroko ini. Dan pada pemilu kemaren , partai PJD terpilih sebagai pemenang dalam parlemen, sehingga melantik Abdulilah Binkirane sebagai Perdana Menteri yang kedua kalinya.

حزب العدالة والتنمية (PJD)
Dari namanya memang agak mirip dengan AKP di negara Turki . partai ini didirikan oleh Abdul Karim Khatib pada tahun 1967 M. Dan memenangkan pemilu rakyat untuk parlemen maroko pada tahun 2011M dan 2016 M. Sekarang partai ini diketuai oleh Sekjen Abdulilah Binkirane (Perdana Menteri Maroko sekarang ) . Partai keadilan dan pembangunan adalah partai politik yang berjalan dengan pondasi keislaman dan dalam kerangka undang-undang kerajaan yang berdiri untuk memakmurkan kaum muslimin. Partai ini dulunya terkenal dengan nama “ Gerakan kerakyatan yang berdemokrasi dan Konstitusi (Harakah chabiyah dusturiyah Addimukratiah) ” yang dijuluki “islamnya istana”. Kenapa ? karena anggotanya merupakan pentolan “ Harakah islah Wattauhid “ yang berorientasikan pada Gerakan Islam Maroko. Dan ketika kelompok oposisi menguasai kekuasaan pada pemilu 1997 , partai PJD ini selalu mengkritik yang membangun ke pemerintahan yang ada.
Keadilan : keadilan dalam menyetarakan semua kesempatan
Pembangunan : pembangunan yang melampaui batas materi
Asal-muasal nama partai ini adalah ingin merealisasikan apa yang menjadi tema besar pemilu tahun 1997 yaitu “ DEMI KEBANGKITAN MENYELURUH : KUALITAS, KEADILAN, PEMBANGUNAN “ .  dan ketika muktamar Nasional Partai  pada tahun 1998 M Harakah Chabiyah Dusturiyah dimuktratiah berubah nama menjadi Partai Keadilan dan pembangunan (PJD ). Dalam perjanalannya di parlemen maroko pada abad millenium partai ini selalu melonjak dalam perolehan tiap tahunnya, yaitu :
1.      Pada Pemilu Rakyat untuk Parlemen 1997 mendapatkan 9 Kursi
2.      Pemilu tahun 2002 mendapatkan 42 kursi
3.      Pemilu tahun 2007 mendapatkan 46 kursi
4.      Pemilu tahun 2011 mendapatkan 107 kursi dari 395
5.      Pemilu tahun 2016 mendapatkan 125 kursi dari 395
Partai PJD ini juga banyak mempunyai hubungan luar negeri ,terutama ketika sekjennya sekarang Abdulilah Binkirane menjadi perdana Menteri. Seperti pada tanggal 16 Juli 2016 Partai ini mengucapkan selamat kepada Rakyat Turki dan Erdogan atas gagalnya Pemberontakan turki kala itu, dan berjanji untuk selalu menjaga demokrasi dan memerangi terorisme yang berujung pemberontakan.

حزب البديل الحضاري
Partai ini didirikan secara tidak resmi pada tanggal 22 oktober 1995M . pada tahun 2008 partai ini terkena tuduhan tetorisme dengan mengikuti serangkaian kegiatan terorisme dan menginginkan kembalinya maroko dari wajah genggaman otoriter ke arah politik bebas. Dan pada akhirnya, tuduhan ini tidak ada bukti yang kuat di mahkamah. Pada hari sabtu, 11 Juni 2005 Mohammad Amin berbicara kepada press bahwa partainya kini sudah ada pengakuan dari pemerintah seminggu yang lalu.

حزب النهضة والفضيلة
Partai ini didirikan pada tanggal 25 Desember 2005 oleh Mohammad Khalidi. Seorang politisi senior yang sebelumnya pernah masuk dalam partai kemerdekaan (Istiqlal) dan PJD. Dalam sambutan pendirian partai ini beliau berkata :
“ sesungguhnya partai kebangkitan dan keutamaan ini adalah partai nasional demokratis yang berpondasi islam, dan demokrasi adalah sesuatu yang harus ditegakkan dalam mendirikan negara hukum, dan dalam partai ini kita menetapkan bahwa rujukan islam sebagai kegiatan bukan akhir tujuan.”

4.      Aliansi Partai Kiri

Partai kiri terdiri dua partai yaitu sebagai berikut :

جبهة القوى الديمقراطية
Partai FFD ini berdiri dalam rangka memecah diri dari partai التقدم والاشتراكية setelah wafatnya pendiri Al Ya;th. Para analisis politik mengatakan bahwa partai kiri ini maju dan berbeda dari segi pengelolaannya dan kebijakannya. Sekjen dari partai ini adalah Attahami Alkhiyari. Dan sebelum tahun pemilu tahun 1997 terpecah menjadi dua kubu.

حزب الطليعة الديمقراطية والاجتماعية
Partai ini merupakan pecahan dari “persatuan Sosialis masyrakat” pada tahun 1991M.  Dengan model partai kiri – radikal . Dan partai ini mengajak untuk berdemo tidak memilih pada pemilu umum tanggal 14 Nopember 1997 M sehingga dari beberapa anggota partai ini ada yang di penjara. Partai ini dipimpin oleh ahmad Benjelloun.

النهج الديمقراطي
Suatu gerakan politik bawah tanah  kiri mutasyaddid yang merupakan perluasan dari gerakan komunis “ Ilal Amam ( ke depan ) “ . suatu gerakan Marxisme yang berorientasi menegakkan sistem sosialis di Maroko demi kesejahteraan para fakir miskin. Raja Hassan II sudah menghadapinya berkali-kali dan  menekan sekaligus menindas gerakan ini. Sejak Muktamar Nasional ke III pada tahun 2012M Gerakan ini sekarang diketuai oleh Mustafa AlBarahimah. Dan sekarang gerakan ini sudah berani muncul di permukaan.

حزب اليسار الأخضر (المغرب) (PGV)
Suatu organisasi politik maroko kiri yang asal muasalnya menaruh isu lingkungan dalam pendiriannya. Muktamar pendirian organisasi ini pada bulan Mei 2010 yang diketuai oleh Dr. Muhammaad Faris

5.      Aliansi Partai Moderat

التجمع الوطني للأحرار (RNI)
Partai ini didirikan oleh Ahmad ‘Isman mantan Perdana Menteri yang merupakan menantu raja Hasan II pada Oktober 1978M, partai kanan dan moderat ini terdiri dari kalangan borjuis industri, dan perdagangan. Pada saat pendirian partai tahun 1976 banyak yang bergabung dari kalangan dewan parlemen Maroko sampai 141 anggota dewan. Dan partai ini bergabung dalam koalisi besar Pemerintahan Tanaub (antara Kelompok Oposisi dan Partai Moderat ) yang pada akhirnya memilih Sayyid Yousfi sebagai Perdana Menteri

الحركة الوطنية الشعبية
Partai ini didirikan oleh Almahjubi Ahradhan tahun 1991 setelah dia pecah dari Gerakan Masyarakat bulan Oktober 1986 , pada pemilu bulan Nopember 1997 partai ini mendapatkan 10% suara ( 40 kursi parlemen ) . Partai ini tergabung dalam koalisi pemerintahan Tanaub ( antara koalisi oposisi dan partai moderat ) yang dipimpin oleh Sayyid Yosoufi.

6.      Aliansi Partai Independent

حزب العمل
Partai Pekerja merupakan partai yang didirikan pada tahun 1974 oleh abdurrahman bin abdullah asshonhaji. Dan kepemimpinanya berlanngsung sampai meninggalnya pada tahun 1986 M , terkenal dengan perpecahan dalam partai terutama ketika ingin menjauhkan Mouhammad Idrisi dalam kepemimpinan partai pada tahun 1996. namun, pada muktamar nasional partai 1998 M anggota partai sepakat untuk memilih Mouhammad Idrisi sebagai pimpinan partai
Dan banyak partai lainnya yang kecil-kecil
Selengkapnya bisa dilihat tabel dibawah ini.......


Referensi :
1.      Aljazeera.net
2.      Wikipedia
3.      Maroko : Peta Politik
4.      Hak-Hak Asasi dari berbagai Negara
5.      Faizah Sarah, Partai-partai dan kekuatan Politik di Maroko , Terbitan Riyadhrich, London 1990












Nama Partai
Pendiri
Tahun didirikan
حزب الاستقلال
عباس الفاسي
1944
الحزب الديمقراطي للاستقلال
عبد الواحد ماش
1946
الاتحاد الوطني للقوات الشعبية
عبد الله إبراهيم
1959
الحركة الشعبية
محمد العنصر
1959
حزب العدالة والتنمية (الحركة الشعبية الدستورية الديمقراطية سابقا)
عبد الكريم الخطيب
1967
حزب التقدم والاشتراكية
إسماعيل العلوي
1974
حزب العمل
محمد الإدريسي
1974
الاتحاد الاشتراكي للقوات الشعبية
عبد الرحمن اليوسفي
1975
التجمع الوطني للأحرار
أحمد عصمان
1978
الحزب الوطني الديمقراطي
عبد الحميد قادري
1981
الاتحاد الدستوري
محمد عبيد
1983
حزب اليسار الاشتراكي الموحد (منظمة العمل الديمقراطي الشعبي وغيرها)
محمد بنسعيد آيت يدر
1983
الحركة الوطنية الشعبية
المحجوبي أحرضان
1991
حزب الطليعة الديمقراطي الاشتراكي
أحمد بن جلون
1992
الحركة الديمقراطية الاجتماعية
محمود عرشان
1996
الحزب الاشتراكي الديمقراطي
عيسى الورديغي
1996
جبهة القوى الديمقراطية
التهامي الخياري
1997
المؤتمر الوطني الاتحادي
عبد المجيد بوزوبع
2001
الاتحاد الديمقراطي
بوعزة يكن
2001
حزب قوى المواطنة
عبد الرحيم الحجوجي
2001
حزب الإصلاح والتنمية
عبد الرحمن الكوهن
2001
الحزب المغربي الليبرالي
محمد زيان
2002
حزب العهد
نجيب الوزاني
2002
اتحاد الحريات
علي بلحاج
2002
المبادرة الوطنية للتنمية
محمد بنحمو
2002
حزب التجديد والإنصاف
شاكر أشبهار
2002
حزب البيئة والتنمية
أحمد العملي
2002


Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment